Baju Atasan atau Blus Peasant


Baju atasan atau Blus peasant merujuk pada blus wanita dengan desain yang didasarkan pada pakaian tradisional dari Rumania, Polandia, dan negara Eropa lainnya. Di Amerika Serikat, blus ini dikenal sebagai fashion utama 1960 . Gadis remaja dan perempuan muda mencintai tampilan karena membangkitkan citra kasual dan riang yang tampak cocok dengan budaya populer saat itu.

baju-peasant-blus
baju lengan peasant

Secara tradisional, blus peasant terbuat dari katun putih dan menampilkan lengan poff dan pergelangan tangan dengan garis leher persegi. Namun, desain dasar ini secara bertahap berkembang untuk menyertakan sejumlah warna dan kain yang berbeda serta bahu terbuka(off shoulder) sebagai variasi tampilan. blus gaya peasant sering menampilkan halus bordir sepanjang kerah dan lengan, meskipun manik-manik merinci atau renda juga cukup umum. Baju dengan jenis lengan peasant ini biasanya panjangnya tiga perempat dan penuh dengan kerutan di bahu dan lengan bagian bawah, bentuknya menyerupai lengan puff.

baju wanita dengan lengan puff
baju wanita dengan lengan puff

Banyak wanita kesulitan mengenakan blus peasant tetapi ketika dilakukan dengan benar, mereka bisa tampil seksi dan feminin. Namun, jika Anda tidak hati-hati, Anda hanya akan merusak penampilan Anda. Untuk tetap dalam gaya, Anda harus mengimbangi blus panjang dengan nyaman pas di pinggul Anda. Coba memasangkan blus Anda dengan jeans ketat atau rok mini. Anda bisa menghias tampilan dengan kalung, anting-anting dangly, sandal bertali, dan tas funky gaya 1960-an.

Mode Vintage adalah cara yang bagus untuk tampil beda dan eye catching, tetapi menemukan baju peasant asli 1960 akan menyita waktu melalui pemilihan pakaian di toko bekas dan situs lelang seperti eBay. Hal ini semakin sulit, karena produsen pakaian wanita ini kebanyakan telah merubah secara drastis struktur ukuran mereka dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai contoh, seorang wanita yang memakai ukuran 6 di mode saat ini mungkin menemukan bahwa dia perlu mencari blus peasant vintage yang ukuran 10 atau ukuran 12.

Karena blus peasant bagus untuk berbagai tipe tubuh, tidak mengejutkan bahwa desainer berulang kali kembali ke tampilan ini saat merancang koleksi baju wanita. Oleh karena itu, jika Anda tidak dapat menemukan blus vintage yang sesuai dengan kebutuhan Anda, itu tidak terlalu sulit untuk membeli blus baru dalam gaya yang serupa. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, telah ada kecenderungan menunjuk versi yang lebih modern dari baju atasan peasant klasik yang pas di badan dan lengan yang lebih panjang.